Friday 16 September 2016

Kebiasaan-kebiasaan Ini Bisa Bantu Pangkas Risiko Kanker Payudara

Jakarta, Penyakit kanker, tak terkecuali kanker payudara, membutuhkan pengobatan yang tidak sebentar. Ada banyak langkah yang perlu dijalani. Namun ada kebiasaan-kebiasaan sehat yang bisa dilakukan.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk memangkas risiko kanker payudara, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Hindari Junk Food 

Studi University of Maryland School of Medicine menyebutkan bahwa remaja perempuan yang terlalu sering mengonsumsi junk food, memiliki risiko yang lebih besar terhadap kanker payudara dalam jangka panjang.

Salah seorang peneliti, Dr Seungyoun Jung, mengatakan pada masa remaja, jaringan payudara merupakan area yang paling sensitif terhadap paparan efek konsumsi junk food. Sebab pada masa itu, payudara sedang berkembang dan mengalami perubahan struktural.

2. Makan Wortel 

Peneliti dari 'Breast Cancer Now', Richard Berks, menyebut konsumsi wortel secara teratur dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita hingga 60 persen. Alasannya, asupan ini kaya akan beta-karoten.

Namun peneliti mengingatkan untuk menghindari konsumsi betakaroten dalam dosis besar dari suplemen, sebab risikonya justru dapat merusak beberapa bagian tubuh dan meningkatkan risiko kanker paru-paru. Betakaroten juga bisa didapat dari asupan seperti bayam, paprika merah dan mangga.